RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : MI Salafiyah
Karangjompo
Kelas / Semester : 4 /1
Tema
: Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : Manfaat Energi
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 6x35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : IPA
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4 Memahami berbagai sumber energi, perubahan
bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas
bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Menjelaskan pengertian energi
2.
Menyebutkan sumber-sumber energi
3. Menyebutkan contoh perubahan bentuk energi
4. Menyebutkan manfaat sumber energi alternatif
5. Menjelaskan cara membuat sumber energi
alternatif sendiri.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
4.4
Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan
visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
1. Menyebutkan macam-macam
teks
2.
Menjelaskan pengertian kosa kata baku dan kalimat efektif
3. Memberikan
contoh teks petunjuk tentang menggunakan listrik yang aman.
|
C. TUJUAN
Kalimat
tujuan pembelajaran mencerminkan proses dan hasil yang terdiri dari unsur a, b,
dan c, d
A.= audience / peserta didik
B = behavior/kemampuan sikap, pengetahuan, keterampilan
C = condition/situasi, kondisi, keadaan
D = degree/tingkatan, perbandingan
Jumlah kalimat tujuan dengan indikator, minimal sama
maksimal banyak di tujuan karena tujuan mencakup domain sikap, kognitif dan
psikomotorik. Landasan hukumnya permendikbud 65/2013 halaman 6 dan permendikbud
81a lampiran IV halaman 40.
1.
Menjelaskan pengertian energi
2.
Menyebutkan sumber-sumber energi
3.
Menyebutkan contoh perubahan bentuk energi
4.
Menyebutkan manfaat sumber energi alternatif
5. Menjelaskan cara membuat sumber energi
alternatif sendiri.
6. Menyebutkan
macam-macam teks
7. Menjelaskan
pengertian kosa kata baku dan kalimat efektif
8. Memberikan
contoh teks petunjuk tentang menggunakan listrik yang aman.
Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi
manfaat perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Dengan percobaan, siswa
mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi
dengan sistematis.
Setelah berdiskusi, siswa
mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik
dengan sistematis.
D. MATERI
1.
Pengertian energi. Energi adalah kemampuan suatu benda
atau seseorang untuk melakukan usaha atau gerak.
2.
Sumber-sumber energi, yaitu energi panas bumi,
energi bunyi, energi gerak, energi nuklir, energi air.
3.
Contoh Perubahan bentuk energi.
a.
Perubahan energi panas menjadi energi gerak,
contohnya kertas yang dibentuk spiral bergerak saat dipanaskan di atas lilin.
b.
Perubahan energi gerak menjadi energi panas.
Contoh : tangan kanan dan kiri kita ketika digosok-gosokkan terasa hangat, ban
sepeda/sepeda motor setelah perjalanan cukup jauh maka menjadi panas.
c.
Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik.
Contoh: panel surya
d.
Perubahan energi kimia menjadi energi gerak.
Contoh: kereta uap (menggunakan bahan bakar dari batu bara), kendaraan bermotor (menggunakan
bahan bakar bensin, solar, atau avtur), gergaji mesin.
e.
Perubahan energi gerak menjadi energi listrik.
Contoh:dinamo, kincir angin, generator (PLTA)
4.
Manfaat sumber energi alternatif
a. Dapat menggantikan
sumber energi utama (matahari) jika sumber energi utama sulit didapatkan.
b. Dapat menjadi alat
bermain.
c. Ramah lingkungan.
5.
Cara membuat sumber energi alternatif sendiri.
Langkah-langkah
membuat kincir angin dari kertas:
a. Ambil kertas lalu
ikuti intruksi pada gambar.
b. Setelah baling-baling
kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum.
c. Pastikan
baling-baling bisa berputar.
Langkah-langkah
membuat kincir angin dari plastik:
1) Gunting botol plastik
menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling.
2) Buatlah 4 sayatan
sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama
3) Masukkan
baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut
4) Pasang sumpit/lidi di
bagian tengah gabus
5) Kincir siap
digunakan.
6.
Macam-macam teks yaitu: eksposisi, narasi,
deskripsi, persuasi, argumentasi.
7.
Kosa kata baku adalah kosa kata yang menggunakan
ketentuan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Sedangkan kalimat
efektif adalah kalimat yang padu baik kohesi maupun adesinya.
8.
Menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara
aman menggunakan listrik.
Cara menggunakan listrik yang aman adalah saat
kita mencoba menghubungkan stop kontak dengan listrik diharapkan tangan jangan
ada air agar terhindar dari kesetrum. Hendaknya menggunakan listrik dan
memutuskan arus aliran listrik dengan fikiran dalam keadaan sadar.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
: Scientific
Metode : Penugasan/Resitasi, Diskusi.
F. SUMBER DAN MEDIA
- Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
- Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
- Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang energi matahari.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Peserta didik mengamati cara membuat sumber energi alternatif dengan
sederhana melalui contoh benda konkret yang dibawakan guru, dan
Peserta didik mengamati berbagai macam teks.
Menanya
Peserta didik menanyakan cara membuat kincir angin tersebut kepada guru,
dan
Peserta didik menanyakan cara membuat teks.
Mengeksplorasi
Peserta didik mengeksplor cara membuat kincir angin tersebut dengan
melihat video yang ditampilkan oleh guru lalu dibuat laporan pengamatan, dan
Peserta didik mengeksplor cara membuat teks dengan bahasa baku dan
kalimat efektif dengan pengamatan dalam teks melalui diskusi.
Mengasosiasi
Peserta didik menuliskan langkah-langkah membuat kincir angin dan
melaksanakannya, dan
Peserta didik menuliskan langkah-langkah membuat teks eksposisi tentang
listrik.
Mengkomunikasikan
Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat kincir angin tersebut di
depan kelas, dan
Peserta didik dapat menjelaskan cara aman menggunakan listrik tersebut di
depan kelas.
|
140
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Renungkan
B.
Kerja Sama dengan Orang
Tua
Siswa
mendiskusikan bersama orang tua
tentang cara aman menggunakan
listrik di rumah.
C.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
D.
Salam dan do’a penutup di
pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
Menit
|
H.
KARAKTER
Rasa Ingin
Tahu
I.
PENILAIAN
IPA (Penilaian
Afektif)
Amati
sikap siswa dalam membuat kincir angin!
No.
|
Nama
|
Ketanggapan
|
Ketangkasan
|
Kerapian
|
Ketepatan Waktu
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
Dst.
|
TES
(Soal Essay)
Soal!
IPA
- Jelaskan pengertian energi!
- Sebutkan sumber-sumber energi!
- Sebutkan contoh perubahan bentuk energi!
- Sebutkan manfaat energi alternatif!
- Jelaskan cara membuat sumber energi alternatif sendiri!
IPA
- Pengertian energi. Energi adalah kemampuan suatu benda atau seseorang untuk melakukan usaha atau gerak.
- Sumber-sumber energi, yaitu energi panas bumi, energi bunyi, energi gerak, energi nuklir, energi air.
- Contoh Perubahan bentuk energi.
a.
Perubahan energi panas menjadi energi gerak,
contohnya kertas yang dibentuk spiral bergerak saat dipanaskan di atas lilin.
b.
Perubahan energi gerak menjadi energi panas.
Contoh : tangan kanan dan kiri kita ketika digosok-gosokkan terasa hangat, ban
sepeda/sepeda motor setelah perjalanan cukup jauh maka menjadi panas.
c.
Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik.
Contoh: panel surya
d.
Perubahan energi kimia menjadi energi gerak.
Contoh: kereta uap (menggunakan bahan bakar dari batu bara), kendaraan bermotor (menggunakan
bahan bakar bensin, solar, atau avtur), gergaji mesin.
e.
Perubahan energi gerak menjadi energi listrik.
Contoh:dinamo, kincir angin, generator (PLTA)
- Manfaat sumber energi alternatif
a. Dapat menggantikan
sumber energi utama (matahari) jika sumber energi utama sulit didapatkan.
b. Dapat menjadi alat
bermain.
c. Ramah lingkungan.
- Cara membuat sumber energi alternatif sendiri.
Langkah-langkah
membuat kincir angin dari kertas:
a. Ambil kertas lalu
ikuti intruksi pada gambar.
b. Setelah baling-baling
kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum.
c. Pastikan
baling-baling bisa berputar.
Langkah-langkah
membuat kincir angin dari plastik:
6) Gunting botol plastik
menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling.
7) Buatlah 4 sayatan
sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama
8) Masukkan
baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut
9) Pasang sumpit/lidi di
bagian tengah gabus
10) Kincir siap
digunakan.
Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü
Belum terlihat
ü
Mulai terlihat
ü
Mulai berkembang
ü
Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Alternatif Penilaian Sikap
Nama :
……………………….
Kelas/Semester :
.....................................
Pelaksanaan
Pengamatan :
.....................................
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1.
|
Disiplin
|
|||||
2.
|
Tanggung
jawab
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Alternatif Penilaian Keterampilan
Format penilaian dari diskusi persamaan
dan perbedaan kedua kincir (kincir air dan kincir angin)
a. Persamaan =
.............................................................................................................................
b. Perbedaan =
.............................................................................................................................
Tulis hasil pengamatanmu pada tabel
berikut!
Kincir angin
|
Kincir air
|
Tulis dari hasil percobaanmu untuk membuat kincir
Laporan kegiatan percobaan
|
Nama percobaan :
|
Tujuan percobaan :
|
Alat-alat
:
|
Langkah kerja
:
|
Hasil percobaan
:
|
Kesimpulan
:
|
Berdasarkan hasil percobaanmu, diskusikanlah pertanyaan
berikut bersama teman kelompokmu.
soal
- Apa sumber energi kincir angin?
- Bagaimana kincir angin bisa berputar?
- Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban
- Angin
- Berputar jika ada angin
- Dapat menghasilkan angin, dapat memberikan suasana sejuk, dapat mengeringkan sesuatu yang basah.
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Hasil
Analisis Pembuatan Kincir Angin (Psikomotorik)
No.
|
Nama
|
Manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari
|
Laporan hasil pengamatan tentang perubahan
|
Bentuk energi
|
Sikap ingin tahu
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
Dst.
|
Tulisan
hasil analisis siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

3. Bahasa Indonesia
Teks
Petunjuk siswa dinilai menggunakan rubrik


Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

BAHASA INDONESIA
Penilaian
Afektif tentang kalimat efektif dan bahasa baku dalam teks petunjuk.
No.
|
Pernyataan
|
Sangat tepat
|
Tepat
|
Kurang tepat
|
Tidak tepat
|
1.
|
Membuat
kalimat efektif menggunakan bahasa baku.
|
||||
2.
|
Kalimat
petunjuk harus dibuat sesuai keruntutan caranya.
|
||||
3.
|
Kosa kata
baku sama dengan kosa kata tidak baku.
|
||||
4.
|
Jika dalam
teks petunjuk bahasa yang digunakan tidak runtut, maka teks tersebut kurang
dapat dipahami.
|
||||
5.
|
Teks petunjuk
berisi runtutan cara penggunaan dari sesuatu alat.
|
Tes Soal!
- Sebutkan macam-macam teks!
- Jelaskan pengertian kosa kata baku dan kalimat efektif!
- Bagaimanakah contoh teks cara menggunakan listrik yang aman!
Jawaban!
1....Macam-macam teks yaitu: eksposisi, narasi,
deskripsi, persuasi, argumentasi.
2....Kosa kata
baku adalah kosa kata yang menggunakan ketentuan sesuai dengan Pedoman Umum .Ejaan Bahasa Indonesia. Sedangkan kalimat efektif
adalah kalimat yang padu baik kohesi maupun adesinya.
- Menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik.
Cara menggunakan listrik yang aman adalah saat
kita mencoba menghubungkan stop kontak dengan listrik diharapkan tangan jangan
ada air agar terhindar dari kesetrum. Hendaknya menggunakan listrik dan
memutuskan arus aliran listrik dengan fikiran dalam keadaan sadar.
Penilaian
Psikomotorik
Membuat
kalimat petunjuk tentang penggunaan setrika listrik dengan benar dan runtut.
No.
|
Nama
|
Keruntutan
cara
|
Keefektifan
kalimat
|
Kelogisan
bahasa
|
1.
|
||||
2.
|
||||
Dst.
|
Rubrik
No.
|
Penilaian
|
Rentang
nilai
|
||
1.
|
Keruntutan
cara
|
0 – 20
belum
runtut
|
21 – 30
Kurang
runtut
|
31 – 40
Runtut
|
2.
|
Keefektifan
kalimat
|
0 – 10
Belum
efektif
|
11 – 20
Kurang
efektif
|
21 – 30
Efektif
|
3.
|
Kelogisan
bahasa
|
0 – 10
Belum
logis
|
11 – 20
Kurang
logis
|
21 – 30
logis
|
J. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. Remidial
Bagi siswa yang belum terampil menuliskan teks petunjuk, akan diberikan
pendampingan oleh guru.
2. Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa
dapat diberikan materi kosa kata baku dan kalimat efektif sebagai bekal dalam
menuliskan teks petunjuk.
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah
:……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Madrasah,
![]()
ELY
NUR ABIDAH, SPd I…
NIP.197102051993032002
|
Karangjompo, 20 Agustus 2017
Guru Kelas 4,
YULIA
ISMAWATI
NIP. -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar