Rabu, 20 Desember 2017

RPP Manfaat Energi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan      : MI Salafiyah Karangjompo
Kelas / Semester          :  4 /1
Tema                           :  Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                   :  Manfaat  Energi
Pembelajaran ke          :  3
Alokasi waktu            : 6x35 menit
A.    KOMPETENSI INTI
1.            Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.            Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.            Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : IPA
Kompetensi
Indikator
3.4  Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menjelaskan pengertian energi
2. Menyebutkan sumber-sumber energi
3. Menyebutkan contoh perubahan bentuk energi
4. Menyebutkan manfaat sumber energi alternatif
5. Menjelaskan cara membuat sumber energi alternatif sendiri.
       Muatan :   Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
4.4    Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
1. Menyebutkan macam-macam teks
2. Menjelaskan pengertian kosa kata baku dan kalimat efektif
3. Memberikan contoh teks petunjuk tentang menggunakan listrik yang aman.

C.    TUJUAN
Kalimat tujuan pembelajaran mencerminkan proses dan hasil yang terdiri dari unsur a, b, dan c, d
A.= audience / peserta didik
B = behavior/kemampuan sikap, pengetahuan, keterampilan
C = condition/situasi, kondisi, keadaan
D = degree/tingkatan, perbandingan       
Jumlah kalimat tujuan dengan indikator, minimal sama maksimal banyak di tujuan karena tujuan mencakup domain sikap, kognitif dan psikomotorik. Landasan hukumnya permendikbud 65/2013 halaman 6 dan permendikbud 81a lampiran IV halaman 40.
1. Menjelaskan pengertian energi
2. Menyebutkan sumber-sumber energi
3. Menyebutkan contoh perubahan bentuk energi
4. Menyebutkan manfaat sumber energi alternatif
5. Menjelaskan cara membuat sumber energi alternatif sendiri.
6. Menyebutkan macam-macam teks
7. Menjelaskan pengertian kosa kata baku dan kalimat efektif
8. Memberikan contoh teks petunjuk tentang menggunakan listrik yang aman.
Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat  perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan sistematis.

D.    MATERI
1.      Pengertian energi. Energi adalah kemampuan suatu benda atau seseorang untuk melakukan usaha atau gerak.
2.      Sumber-sumber energi, yaitu energi panas bumi, energi bunyi, energi gerak, energi nuklir, energi air.
3.      Contoh Perubahan bentuk energi.
a.    Perubahan energi panas menjadi energi gerak, contohnya kertas yang dibentuk spiral bergerak saat dipanaskan di atas lilin.
b.    Perubahan energi gerak menjadi energi panas. Contoh : tangan kanan dan kiri kita ketika digosok-gosokkan terasa hangat, ban sepeda/sepeda motor setelah perjalanan cukup jauh maka menjadi panas.
c.    Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik. Contoh: panel surya
d.   Perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Contoh: kereta uap (menggunakan bahan bakar dari batu bara), kendaraan bermotor (menggunakan bahan bakar bensin, solar, atau avtur), gergaji mesin.
e.    Perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Contoh:dinamo, kincir angin, generator (PLTA)
4.      Manfaat sumber energi alternatif
a.    Dapat menggantikan sumber energi utama (matahari) jika sumber energi utama sulit didapatkan.
b.    Dapat menjadi alat bermain.
c.    Ramah lingkungan.
5.      Cara membuat sumber energi alternatif sendiri.
Langkah-langkah membuat kincir angin dari kertas:
a.    Ambil kertas lalu ikuti intruksi pada gambar.
b.    Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum.
c.    Pastikan baling-baling bisa berputar.
Langkah-langkah membuat kincir angin dari plastik:
1)      Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling.
2)      Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama
3)      Masukkan baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut
4)      Pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus
5)      Kincir siap digunakan.
6.      Macam-macam teks yaitu: eksposisi, narasi, deskripsi, persuasi, argumentasi.
7.      Kosa kata baku adalah kosa kata yang menggunakan ketentuan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Sedangkan kalimat efektif adalah kalimat yang padu baik kohesi maupun adesinya.
8.      Menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik.
Cara menggunakan listrik yang aman adalah saat kita mencoba menghubungkan stop kontak dengan listrik diharapkan tangan jangan ada air agar terhindar dari kesetrum. Hendaknya menggunakan listrik dan memutuskan arus aliran listrik dengan fikiran dalam keadaan sadar.

E.     PENDEKATAN & METODE
        Pendekatan         : Scientific
Metode                 : Penugasan/Resitasi, Diskusi.

F.     SUMBER DAN  MEDIA
  1. Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
  2. Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
  4. Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang energi matahari.
G.    LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
    15
    Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Peserta didik mengamati cara membuat sumber energi alternatif dengan sederhana melalui contoh benda konkret yang dibawakan guru, dan
Peserta didik mengamati berbagai macam teks.

Menanya
Peserta didik menanyakan cara membuat kincir angin tersebut kepada guru, dan
Peserta didik menanyakan cara membuat teks.

Mengeksplorasi
Peserta didik mengeksplor cara membuat kincir angin tersebut dengan melihat video yang ditampilkan oleh guru lalu dibuat laporan pengamatan, dan
Peserta didik mengeksplor cara membuat teks dengan bahasa baku dan kalimat efektif dengan pengamatan dalam teks melalui diskusi.

Mengasosiasi
Peserta didik menuliskan langkah-langkah membuat kincir angin dan melaksanakannya, dan
Peserta didik menuliskan langkah-langkah membuat teks eksposisi tentang listrik.

Mengkomunikasikan
Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat kincir angin tersebut di depan kelas, dan
Peserta didik dapat menjelaskan cara aman menggunakan listrik tersebut di depan kelas.
    140
    Menit
Kegiatan
Penutup
A.    Renungkan
  1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan   yang terdapat dalam buku siswa
  2. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran pertama, Buku Guru.
B.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mendiskusikan bersama orang tua  tentang  cara aman menggunakan listrik di rumah.
C.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
D.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
    15
    Menit

H.    KARAKTER
Rasa Ingin Tahu

I.       PENILAIAN
IPA (Penilaian Afektif)
Amati sikap siswa dalam membuat kincir angin!
No.
Nama
Ketanggapan
Ketangkasan
Kerapian
Ketepatan Waktu
1.





2.





Dst.






TES (Soal Essay)
Soal!
IPA
  1. Jelaskan pengertian energi!
  2. Sebutkan sumber-sumber energi!
  3. Sebutkan contoh perubahan bentuk energi!
  4. Sebutkan manfaat energi alternatif!
  5. Jelaskan cara membuat sumber energi alternatif sendiri!

IPA
  1. Pengertian energi. Energi adalah kemampuan suatu benda atau seseorang untuk melakukan usaha atau gerak.
  2. Sumber-sumber energi, yaitu energi panas bumi, energi bunyi, energi gerak, energi nuklir, energi air.
  3. Contoh Perubahan bentuk energi.
a.    Perubahan energi panas menjadi energi gerak, contohnya kertas yang dibentuk spiral bergerak saat dipanaskan di atas lilin.
b.    Perubahan energi gerak menjadi energi panas. Contoh : tangan kanan dan kiri kita ketika digosok-gosokkan terasa hangat, ban sepeda/sepeda motor setelah perjalanan cukup jauh maka menjadi panas.
c.    Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik. Contoh: panel surya
d.   Perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Contoh: kereta uap (menggunakan bahan bakar dari batu bara), kendaraan bermotor (menggunakan bahan bakar bensin, solar, atau avtur), gergaji mesin.
e.    Perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Contoh:dinamo, kincir angin, generator (PLTA)
  1. Manfaat sumber energi alternatif
a.    Dapat menggantikan sumber energi utama (matahari) jika sumber energi utama sulit didapatkan.
b.    Dapat menjadi alat bermain.
c.    Ramah lingkungan.
  1. Cara membuat sumber energi alternatif sendiri.
Langkah-langkah membuat kincir angin dari kertas:
a.    Ambil kertas lalu ikuti intruksi pada gambar.
b.    Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum.
c.    Pastikan baling-baling bisa berputar.
Langkah-langkah membuat kincir angin dari plastik:
6)      Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling.
7)      Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama
8)      Masukkan baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut
9)      Pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus
10)  Kincir siap digunakan.


Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
Catatan:
  • Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü   Belum terlihat
ü   Mulai terlihat
ü   Mulai berkembang
ü   Sudah terlihat/membudaya
  • Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.

Alternatif Penilaian Sikap
Nama                                             : ……………………….
Kelas/Semester                              : .....................................
Pelaksanaan Pengamatan              : .....................................

No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Keterangan
1.
Disiplin





2.
Tanggung jawab





Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Alternatif Penilaian Keterampilan
Format penilaian dari diskusi persamaan dan perbedaan kedua kincir (kincir air dan kincir angin)
a.       Persamaan = .............................................................................................................................
b.      Perbedaan = .............................................................................................................................
Tulis hasil pengamatanmu pada tabel berikut!
Kincir angin
Kincir air






Tulis dari hasil percobaanmu untuk membuat kincir
Laporan kegiatan percobaan
Nama percobaan  :
Tujuan percobaan :




Alat-alat               :

Langkah kerja      :




Hasil percobaan   :


Kesimpulan          :



Berdasarkan hasil percobaanmu, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.
soal
  1. Apa sumber energi kincir angin?
  2. Bagaimana kincir angin bisa berputar?
  3. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban
  1. Angin
  2. Berputar jika ada angin
  3. Dapat menghasilkan angin, dapat memberikan suasana sejuk, dapat mengeringkan sesuatu yang basah.

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Hasil Analisis Pembuatan Kincir Angin (Psikomotorik)



No.



Nama
Manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
Laporan hasil pengamatan tentang perubahan


Bentuk energi


Sikap ingin tahu
1.





2.





Dst.






Tulisan hasil analisis siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
3.      Bahasa Indonesia
Teks Petunjuk siswa dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

     
BAHASA INDONESIA
Penilaian Afektif tentang kalimat efektif dan bahasa baku dalam teks petunjuk.
No.
Pernyataan
Sangat tepat
Tepat
Kurang tepat
Tidak tepat
1.
Membuat kalimat efektif menggunakan bahasa baku.





2.
Kalimat petunjuk harus dibuat sesuai keruntutan caranya.




3.
Kosa kata baku sama dengan kosa kata tidak baku.




4.
Jika dalam teks petunjuk bahasa yang digunakan tidak runtut, maka teks tersebut kurang dapat dipahami.




5.
Teks petunjuk berisi runtutan cara penggunaan dari sesuatu alat.





Tes Soal!
  1. Sebutkan macam-macam teks!
  2. Jelaskan pengertian kosa kata baku dan kalimat efektif!
  3. Bagaimanakah contoh teks cara menggunakan listrik yang aman!

Jawaban!
1....Macam-macam teks yaitu: eksposisi, narasi, deskripsi, persuasi, argumentasi.
2....Kosa kata baku adalah kosa kata yang menggunakan ketentuan sesuai dengan Pedoman Umum .Ejaan Bahasa Indonesia. Sedangkan kalimat efektif adalah kalimat yang padu baik kohesi maupun adesinya.
  1. Menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik.
Cara menggunakan listrik yang aman adalah saat kita mencoba menghubungkan stop kontak dengan listrik diharapkan tangan jangan ada air agar terhindar dari kesetrum. Hendaknya menggunakan listrik dan memutuskan arus aliran listrik dengan fikiran dalam keadaan sadar.

            Penilaian Psikomotorik
Membuat kalimat petunjuk tentang penggunaan setrika listrik dengan benar dan runtut.
No.
Nama
Keruntutan cara
Keefektifan kalimat
Kelogisan bahasa
1.




2.




Dst.





Rubrik
No.
Penilaian
Rentang nilai
1.
Keruntutan cara
0 – 20
belum runtut
21 – 30
Kurang runtut
31 – 40
Runtut
2.
Keefektifan kalimat
0 – 10
Belum efektif
11 – 20
Kurang efektif
21 – 30
Efektif
3.
Kelogisan bahasa
0 – 10
Belum logis
11 – 20
Kurang logis
21 – 30
logis

J.      REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.   Remidial
Bagi siswa yang belum terampil menuliskan teks petunjuk, akan diberikan pendampingan oleh guru.
2.   Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat diberikan materi kosa kata baku dan kalimat efektif sebagai bekal dalam menuliskan teks petunjuk.

Refleksi Guru

Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….

Mengetahui
Kepala Madrasah,
             IMG
ELY NUR ABIDAH, SPd I
NIP.197102051993032002
       Karangjompo, 20 Agustus 2017
Guru Kelas 4,



YULIA ISMAWATI
            NIP. -  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar